Benarkah T-Rex Mungil Pernah Menjelajahi Bumi...????


"Tyrannosaurus rex" atau yang lebih dikenal dengan T-Rex sudah tak diragukan lagi keganasannya. T-Rex bisa juga disebut rajanya dinosaurus. Dengan tampilannya yang menakutkan, deretan taring yang mengerikan, rahang yang kokoh, dan kaki panjangnya yang dapat mengejar segala jenis musuh, binatang karnivora ini merajai bumi sekitar 85 juta tahun yang lalu. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa binatang tersebut bukanlah generasi pertama yang pernah muncul di bumi.

Di wilayah Yixian, Cina Utara, ditemukan fosil T-Rex yang bentuknya lebih kecil dan usianya jauh lebih tua. Bentuk fosil tersebut benar-benar merupakan duplikasi T-Rex yang kita kenal selama ini, hanya saja ukurannya seperseratus dari T-Rex. T-Rex mungil ini sama-sama memiliki sepasang tangan pendek, rahang yang kuat dan kaki yang kokoh.

Para peneliti mengatakan bahwa tangan pendek milik T-Rex raksasa merupakan bukti evolusi binatang tersebut. Rahang dan kaki T-Rex yang kuat membuat "tangan pendek" mereka sebetulnya tak banyak berfungsi. Ukuran tengkorak T-Rex mini menunjukkan bahwa indera penciuman mereka telah berkembang, sama dengan yang dimiliki T-Rex raksasa.

Fosil yang ditemukan di Cina memperlihatkan, T-Rex mini yang hidup 45 juta tahun lebih dulu dari T-Rex raksasa itu sudah memiliki bentuk fisik mirip T-Rex raksasa.

Seperti juga keturunannya, T-Rex mini merupakan karnivora yang dominan pada masanya. Mereka memangsa burung-burung purba, kura-kura dan dinosaurus kecil yang ada di danau-danau purba.

Fosil T-Rex mungil diyakini diselundupkan keluar Cina dan dijual kepada seorang kolektor di Amerika Serikat. Kolektor yang bersangkutan menamai binatang itu "T-Rex Raptorex Kriegsteini" dan kemudian bersedia mengembalikan fosil tersebut ke Cina.

Sumber

Koran Kompas, Minggu, 21 Februari 2010

0 komentar:

Posting Komentar

..Mohon komentarnya..

Copyright 2009 scarlet's zone dot oncom. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy